Rekomendasi Aplikasi Wajib Instal di Android Baru

AndroidIndo.net – Jika Anda baru saja membeli gadget Android baru, atau Anda seorang yang baru saja menggunakan smartphone Android, mungkin Anda bertanya-tanya, aplikasi apa sih yang wajib ada di HP Android?

Nah, dari sinilah ide blog AndroidIndo.net muncul untuk memberikan saran atau rekomendasi aplikasi Android yang sebaiknya dipasang di ponsel Android yang baru Anda miliki. Ini tentunya tidak ‘wajib’ diharuskan, akan tetapi bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memecahkan kebingungan Anda. Ya, mengingat banyaknya aplikasi Android yang dapat didownload gratis di market. Baca juga: Tips Awal Mulai Menggunakan Ponsel Android.

Lalu apa saja aplikasi atau game Android yang wajib ada di perangkat Android kesayangan Anda?

1. Browser Internet
Meski ponsel pintar Android telah dibekali peramban web, namun Anda mungkin perlu memasang browser dari pihak ketiga, misalnya browser Android populer yaitu Chrome, Opera dan Firefox.

2. File Manager
Android memiliki ruang penyimpanan internal dan eksternal (jika terpasang SD card) untuk menyimpan data. Untuk menemukan dan mengelola data yang ada, diperlukan file manager yang terinstal di smartphone Android Anda. File manager Android yang layak dipakai antaranya ES File Explorer & Manager, ASTRO File Manager atau jika Android Anda sudah diroot, Anda wajib instal Root Explorer.

3. Anti Virus
Perangkat Android Anda tidak selamanya aman selama penggunaan. Ada baiknya Anda mencegah sedari dini menggunakan aplikasi antivirus terbaik untuk Android, seperti Lookout, Avast atau AVG.

4. Aplikasi Chat dan Sosial Media
Namanya juga hape canggih, masa gak ada aplikasi chatting dan messenger? Aplikasi chat dan jejaring sosial yang patut Anda coba adalah Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Line, KakaoTalk, WeChat atau BBM for Android (jika telah rilis).

5. Aplikasi Utilitas (Tools)
Android perlu dibersihkan dari file dan folder sampah. Untuk mengoptimalkan kinerja Android Anda, sepertinya Anda harus menginstal aplikasi Clean Master untuk membersihkan ‘kotoran’ di sistem Android Anda.

6. Penghemat Baterai
Salah satu kelemahan smartphone Android adalah borosnya pemakaian batere. Jika Anda juga merasakannya, cobalah untuk memasang Battery Doctor atau DU Baterry Saver.

7. Pembaca Dokumen
Ada kalanya Android Anda akan digunakan untuk melihat isi dari dokumen yang dibuat dari Microsoft Office atau file PDF. Untuk itu, pasang juga aplikasi pembuka dan pembaca dokumen komputer, diantaranya Polaris Viewer dan Kingsoft Office.

8. Kamera, Foto dan Video Player
Sekali lagi, meskipun Android dilengkapi semua fitur kamera, editor foto dan pemutar video, namun ada baiknya Anda mencoba aplikasi lain yang lebih powerfull, seperti Camera360 dan MX Player.

9. Aplikasi SMS dan MMS
Lagi-lagi aplikasi pihak ketiga nih. App pesan bawaan Android tidak selengkap app pesan dari developer lain. Misalnya saat Anda bosan dengan emoticon smiley default Android yang ‘hijau’ itu, atau Anda ingin menjadwalkan dan membalas otomatis pesan, maka Anda layak memasang aplikasi GO SMS Pro atau Handcent SMS sebagai aplikasi SMS dan MMS populer.

10. Permainan Android
Kalau untuk urusan game Android, saya tidak banyak saran. Namun mungkin apa yang ada di pikiran Anda sama dengan saya, ingin segera memainkan Fruit Ninja dan keluarga besar Angry Bird 😀

Demikian aplikasi dan games yang wajib ada di ponsel Android baru Anda, mungkin ada yang mau menambahkan? Silakan berkomentar. Anda bisa mendapatkan rekomendasi aplikasi di atas dengan download langsung di Play Store. Semoga bermanfaat yaa.

Halaman Rekomendasi Aplikasi Wajib Instal di Android Baru saat ini telah dibaca 4,631x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?