Cara Mengatasi Play Store Menutup Sendiri / Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Play Store Menutup Sendiri atau Error Tidak Bisa Dibuka AndroidIndo.net – Aplikasi Google Play Store yang merupakan toko aplikasi resmi dari Android memang sudah tertanam langsung di sistem ponsel. Namun, beberapa hari yang lalu, setelah saya mendapat update ke Play Store versi 4.8.19, saya mendapat sedikit masalah kecil. Yaitu app Play Store di HP Android saya, LG Optimus L3 II E435 Dual tidak bisa dibuka alias force close.

Setelah saya coba mengatasinya, ternyata berhasil dengan dua cara sederhana. Nah, bagi Anda yang juga mengalami masalah serupa, yakni Play Store Android tidak bisa terbuka ataupun menutup sendiri (force close), silakan bisa simak tips berikut.

Cara pertama yang saya lakukan adalah melihat pengaturan internet di Android, karena kadang jika akun data terisi proxy dan port, akan mengganggu kinerja Play Store. Maka, hapuslah proxy dan port jika ada. Anda bisa membuka artikel Pengaturan Internet di Android yang Benar untuk panduannya.

Namun, cara di atas belum berhasil bagi Play Store di HP saya. Selanjutnya saya menghapus cache dan data yang tersimpan pada app Play Store. Caranya, buka menu ‘Pengaturan‘ > ‘Aplk/Aplikasi’ > geser ke tab ‘SEMUA‘ > pilih ‘Google Play Store‘.

Cara aman dan ampuh atasi Play Store Android Macet tidak bisa download game

Kemudian, scroll ke bawah dan tap tombol ‘Bersihkan data‘.

Mengatasi Unfortunately Google Play Store Gapps has been stoped

Cobalah sekarang akses Play Store. Cara di atas berhasil sementara pada HP Android saya, karena setelah sukses download/update aplikasi, ternyata Play Store kembali bermasalah dan tertutup dengan sendirinya.

Ada satu cara ampuh satu lagi untuk mengatasinya sebagai solusi aman pada Play Store yang sering force stop. Masih pada menu yang sama, buka ‘Pengaturan‘ > ‘Aplikasi‘ > ‘SEMUA‘ > tekan tombol menu di HP Android, pilihlah ‘Atur ulang preferensi aplikasi‘ > ‘Atur ulang aplikasi‘. Jika perlu silakan reboot HP Anda untuk memaksimalkan perubahan.

Solusi masalah Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stoped

Sebagai catatan, cara di atas tidak akan menghapus data dan aplikasi Android. Dengan demikian, cara ini saya rasa sangat aman untuk dilakukan. Selain untuk mengatasi masalah pada Play Store, cara inipun bisa berguna pada aplikasi lain yang sering menutup sendiri saat dijalankan. Semoga bermanfaat.

Halaman Cara Mengatasi Play Store Menutup Sendiri / Tidak Bisa Dibuka saat ini telah dibaca 2,698x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?