Cara Umum Upgrade Android ke Versi Lebih Baru Tanpa PC Komputer

Cara Upgrade AndroidAndroidIndo.net – Sistem operasi Android semakin ke depan memang semakin berkembang. Demikian pula dengan versinya, sebut saja yang kerap didengar mulai dari Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean dan KitKat, bahkan kini sudah beredar Android L meski baru preview version.

Dengan berkembang dan meningkatnya versi OS Android, banyak pengguna smartphone Android yang ingin up to date menikmati fitur terbaru dengan cara meningkatkan software Androidnya, atau sering disebut Android upgrade.

Pada dasarnya, hampir semua HP Android memiliki menu khusus yang ditanamkan untuk digunakan oleh pemakainya agar mereka bisa meng-upgrade (atau sekedar update sofware) sistem operasi Android bawaan dari pabrik ke versi yang lebih tinggi, misalnya dari Jelly Bean 4.1.1 ke Jelly Bean 4.2.1, atau mungkin bisa saja dari JB 4.1.2 ke KitKat 4.4.2. Itu hanya contoh saja, karena semua proses tersebut akan berbeda untuk setiap tipe Android berdasarkan merknya.

Secara umum, Anda dapat melakukan upgrade Android dengan aman, cepat, mudah dan tanpa memerlukan bantuan PC/komputer. Caranya adalah buka menu ‘Pengaturan‘ – ‘Tentang Ponsel‘ – ‘Update Software(*). Jika terdapat sistem operasi baru, atau tersedia update software di server, maka otomatis akan ada pesan bahwa software atau sistem operasi Android Anda dapat diperbarui ke versi di atasnya, serta muncul besarnya file download.

Tutorial Cara Upgrade/Update Android Semua Tipe dan Merk
Contoh dari LG milik saya

Untuk meng-upgrade Android Anda, cukup tekan tombol ‘Download‘ atau ‘Instal Update‘, atau semacamnya yang tersedia untuk mulai proses pengunduhan file update yang tersedia. Setelah selesai HP Android mungkin akan restart sendiri secara otomatis untuk melakukan self-upgrade. Tunggu hingga ponsel Android benar-benar menyala sempurna, dan lihat informasi tentang ponsel Anda apakah ada perubahan versi.

(*) Menu untuk mengecek ketersediaan update sofware atau upgrade Android sistem berbeda-beda pada masing-masing tipe dan merk device. Yang jelas, Anda dapat menemukannya pada bagian menu ‘Pengaturan’ di Android Anda masing-masing. Selain itu, beberapa device mungkin sama sekali tidak memberikan menu tersebut dan Anda tidak bisa melakukan cara di atas. Semoga bermanfaat.

Halaman Cara Umum Upgrade Android ke Versi Lebih Baru Tanpa PC Komputer saat ini telah dibaca 6,303x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?