Memindah Aplikasi Pengguna ke Aplikasi Sistem (User to System App)

Ad
User app to System app Android AndroidIndo.net – Setahu saya, sebagai pemula pemakai smartphone Android, ada dua jenis lokasi penginstalan aplikasi secara garis besar. Pertama aplikasi sistem, dan kedua adalah aplikasi pengguna. Aplikasi sistem atau system app adalah semua aplikasi dan/atau game yang terpasang di dalam sistem Android, dan biasanya system apps ini tidak dapat dihapus secara biasa karena tidak disediakan tombol ‘Uninstall’. Aplikasi sistem berada pada folder systemapp.

Sementara aplikasi pengguna atau user app adalah semua aplikasi maupun game yang diunduh dan diinstal oleh pengguna smartphone, ataupun aplikasi bawaan pabrik yang akan terpasang saat pertama kali smartphone dinyalakan dan menjalankan setup wizard Android. User apps tersimpan pada folder dataapp.

Lalu untuk apa kita memindahkan aplikasi dari user app menjadi system app? Ada beberapa pemakai Android, termasuk saya yang beranggapan bahwa aplikasi yang terpasang di sistem Android akan berjalan lebih optimal dan ringan dibandingkan dengan aplikasi yang terpasang di luar sistem.

Sebagai contoh adalah aplikasi launcher bawaan Android. Meskipun launcher bawaan lebih besar dibanding launcher lain yang Anda download, biasanya launcher bawaan lebih ringan. Beda lagi jika launcher yang Anda download terpasang di aplikasi sistem. Nah, cara berikut pun bisa Anda praktikkan untuk membuat launcher hasil download menjadi launcher sistem bahkan untuk menggantikan launcher default bawaan HP Anda yang dirasa berat.

Yang paling penting untuk melakukan trik ini adalah gadget Android Anda harus dalam keadaan root. Anda dapat mencoba cara root semua Android yang banyak berhasil diberbagai merk gadget ANdroid.

Download dan instal aplikasi Link2SD terbaru dari Play Store. Jalankan Link2SD dan tap tombol tampilan dengan gambar kecil mirip ikon sinyal. Lihat gambar!

Cara instal aplikasi ke sistem ANdroid

Pilih opsi ‘Pengguna‘ untuk menampilkan hanya aplikasi yang dipasang oleh pengguna saja. Lalu, pilih salah satu aplikasi yang akan Anda pindah dari aplikasi pengguna menjadi aplikasi sistem. Sebagai contoh app Opera Mini. Tekan dan tahan pada nama aplikasi Opera Mini, lalu pilih opsi ‘Ubah ke system app‘.

Mengganti launcher bawaan Android dengan launcher lain di system

Tekan tombol ‘Ok‘ saat muncul pesan konfirmasi, dan tunggu sebentar selama proses pemindahan user app ke system app di Android. Selesai dan kini Opera Mini sudah terpasang sebagai aplikasi sistem yang tidak dapat dihapus dengan cara biasa.

Namun, terkadang proses pemindahan akan gagal. Salah satu penyebab terbesar adalah aplikasi yang akan dijadikan system app sudah terlanjur diinstal di memori eksternal.

Memindah Aplikasi Pengguna ke Aplikasi Sistem (User to System App)

Caranya yaitu pindahkan lagi saja aplikasi itu ke internal memori terlebih dahulu sebelum menjadikannya system-app. Masih menggunakan Link2SD, tap dan tahan pada nama aplikasi, pilih opsi ‘Pindah ke telepon‘. Dan ulangi langkah memindahkan user app to system app di atas. Semoga berhasil ya, jangan lupa untuk me-restart Android Anda setelah melakukan cara di atas.

Ad
Halaman Memindah Aplikasi Pengguna ke Aplikasi Sistem (User to System App) saat ini telah dibaca 2.864x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?