Tutorial Cara Root & Unroot Android Lollipop

Ad
Tutorial Ampuh Root HP Android 5 Lollipop Sukses AndroidIndo.net – Salah satu istilah di gadget Android adalah “root“. Akses root merupakan hak akses super user dimana pengguna bisa melihat, mengubah dan menghapus file-file yang ada di dalam folder system Android. Dengan demikian, sistem operasi benar-benar menjadi open source dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan Anda. Namun perlu diketahui, me-root HP Android akan menghilangkan garansi resmi, serta dikabarkan smartphone yang rooted mudah terserang malware jahat.

Akan tetapi, keuntungan yang diperoleh dari akses root bisa dikatakan lebih besar dibanding kerugiannya, untuk pengguna tertentu tentunya. Nah, jika Anda termasuk yang ingin memiliki perangkat Android 5 Lollipop ter-root tapi tidak tahu bagaimana caranya, simak cara umum root dan unroot Android 5 Lolipop berikut ini. Artikel ini pula adalah hasil pembaruan dari artikel sebelumnya mengenai Tutorial Cara Root dan Unroot Android KitKat.

A. Root Android Lollipop secara Langsung Tanpa PC Komputer

  1. Unduh apl FramaRoot dari halaman Forum XDA. Direkomendasikan untuk memilih versi terbaru mulai versi 1.9.0 ke atas.
  2. Sebelum dipasangkan, atur Android Lollipop Anda untuk mengizinkan pemasangan aplikasi dari sumber tak dikenal, caranya buka SETELAN > KEAMANAN > centang SUMBER TAK DIKENAL.
  3. Pasang dan jalankan FramaRoot. Tunggu sebentar, lalu pilih ‘Install SuperUser’ atau ‘Install SuperSU’.
  4. Lanjutkan dengan memilih salah satu opsi yang tersedia di bawahnya, misalnya: Aragorn, Gandalf, Boromir, Pippin, atau lainnya.
  5. Jika berhasil akan muncul pesan Success, reboot Android Lollipop Anda untuk menyelesaikan instalasi file root. Jika gagal coba dengan metode exploit lainnya yang tersedia, atau dengan mengganti versi FramaRoot-nya.

B. UnRoot Android Lollipop Tanpa PC

  1. Buka FramaRoot dan pilih opsi “Unroot‘.
  2. Ponsel akan reboot otomatis dan status akses rooted akan hilang.

C. Root Android Lollipop dengan PC Komputer menggunakan Kingo Root

Root Lollipop
Root Lollipop
  1. Download software KingoRoot versi terbaru dari laman resminya.
  2. Pastikan di komputer Anda sudah terpasang driver untuk Android Lollipop Anda untuk menghubungkan kabel USB dari PC ke ponsel. Jika belum, Anda dapat mencari dan mengunduhnya dari internet sesuai jenis, tipe dan merk.
  3. Instal dan jalankan Kingo Root.
  4. Aktifkan Perunutan USB pada Android, caranya masuk ke Setelan > Opsi Pengembang > centang Perunutan USB. Jika Opsi Pengembang tidak ada, aktifkan dengan cara Setelan > Tentang > Nomor Bentukan (Build Number) > tekan 7x dengan tempo cepat.
  5. Pastikan keadaan Android Lollipop dalam kondisi normal alias stand-by (bukan recovery atau download mode), disarankan pilih airplane mode agar lebih efisien.
  6. Colokkan kabel USB dari ponsel ke komputer.
  7. Tunggu sebentar hingga muncul status ‘Connected‘ di bagian bawah.
  8. Untuk hasil maksimal, sebaiknya komputer terhubung dengan koneksi internet. Klik tombol ‘Root‘ untuk mulai me-root Android Lollipop Anda.
  9. Ponsel akan otomatis reboot jika root berhasil. Biasanya akan reboot 2x.
  10. Sekarang, Anda dapat cek menggunakan Root Checker.
  11. Selanjutnya Anda harus memasang aplikasi SuperUser atau SuperSU jika tidak terpasang otomatis.
  12. Reboot lagi dan selesai.

D. UnRoot Android Lollipop dengan PC

Root Android
  1. Dengan Kingo Root, sama seperti pada poin C di atas, pilihlah tombol ‘Remove Root’.
  2. Klik tombol ‘Remove Root‘ untuk menghilangkan status akses root Lollipop Anda.
Ad
Halaman Tutorial Cara Root & Unroot Android Lollipop saat ini telah dibaca 3.952x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?