Cara Ampuh Amankan HP Android dari Serangan Virus Nakal

Ad
Trik Ampuh mengamankan Android dari serangan virus mematikan terbaru AndroidIndo.net – Berkembangnya teknologi berpengaruh juga pada perkembangan aplikasi jahat, khususnya untuk Android. Seperti diketahui, pertumbuhan aplikasi untuk HP Android semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Namun, tidak semuanya aplikasi baru dengan iming-iming fitur yang ‘wow’ selaras dengan fungsi aslinya. Tak jarang justru aplikasi itu merugikan bagi penggunanya, salah satunya adalah adanya virus yang disembunyikan di dalam aplikasi.

Oleh karena itu, kali ini Blog AndroidIndo.net akan memberi trik jitu mengamankan Android dari serangan virus nakal yang bisa saja menjangkiti sistem Android Anda. Apa saja triknya? Simak penjelasan singkat berikut:

#1. Pasang Anti virus
Meski pihak Android sempat menyampaikan bahwa aplikasi antivirus tidak berguna, dan sebaiknya dihindari, namun tetap saja ada manfaat dibalik memanfaatkan fitur anti-virus Android. Tapi perlu dicatat, hanya gunakan aplikasi anti virus terpercaya. Anda bisa melihat rekomendasinya di halaman Aplikasi Anti Virus Android Terbaik, dan hanya pilih satu saja untuk diinstal.

#2. Hanya Pasang Aplikasi dari Market
Market adalah istilah untuk toko aplikasi untuk Android, misalnya Google Play Store. Ya, disarankan untuk hanya mengunduh aplikasi atau game dari toko resmi aplikasi saja, sebut saja yang resmi milik Android adalah Play Store. Bahkan, ada pula aplikasi yang mengandung virus bisa lolos verifikasi Google Play Store, meski selanjutnya akan segera dihapus. Meski demikian, resiko terkena virus pasti dapat diminimalisir jika Anda hanya instal aplikasi dari Play Store.

#3. Hindari “Sumber tak Dikenal”
Unknown Source‘ sering dicentang agar pengguna bisa memasang aplikasi atau game Android yang di-download dari luar Play Store, misalnya melalui browser. Tidak fatal memang, tapi dengan tidak mengijinkan pemasangan aplikasi dari sumber lain, virus juga lebih jauh dari HP Anda. Saran saya, hanya instal aplikasi dari luar Play Store yang Anda benar-benar yakin dengan keamanannya.

#4. Aktifkan “Verifikasi Aplikasi” di Setelan Google
Umumnya Android menyediakan menu tambahan Setelan Google (Google Settings). Dengan adanya menu ini, pengguna bisa mengatur keamanan smartphone Androidnya dengan mudah, bahkan di Setelan Google juga ada fitur anti maling. Tapi yang dipakai disini adalah fitur verifikasi aplikasi sebelum pemasangan (Verify Apps). Berikut cara mengaktifkannya:

  • Buka Google Settings pada perangkat Android.
  • Pilih opsi ‘Verify Apps’ lalu centang.
  • Atau bisa melalui menu Settings perangkat > Security, centang Verify Apps.

Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda juga lebih leluasa untuk mengaktifkan izin pemasangan dari sumber luar seperti pada poin #3 di atas. Pastikan Android terhubung dengan internet untuk memverifikasi Aplikasinya.

#5. Teliti Sebelum Memasang Aplikasi dari Play Store
Seperti disinggung di poin #2, tidak selamanya semua aplikasi di market aman dan bersih. Anda tetap harus memilih aplikasi yang benar-benar aman dan terpercaya. Sebaiknya periksa pengembang, ulasan, permission detail, dan hindari mengunduh aplikasi dengan bendera konten dewasa.

#6. Selalu Update Android
Tips pamungkasnya adalah selalu gunakan Android dengan pembaruan terakhir dari vendor Anda. Tetap update Android Anda, caranya mudah, buka Setelan > Tentang > Software update.

Demikian enam cara ampuh amankan HP Android dari serangan virus nakal yang kadang tidak disadari pengguna. Semoga bermanfaat.

Ad
Halaman Cara Ampuh Amankan HP Android dari Serangan Virus Nakal saat ini telah dibaca 2.031x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?