Trik Jitu Cara Mengatasi Lag di Android Tanpa Root

Ad
Trik Jitu Cara Mengatasi Lag di Android Tanpa Root AndroidIndo.netLag di Android banyak dialami pengguna dengan spesifikasi Android yang pas-pasan, khususnya untuk Android dengan RAM 512MB ke bawah. Untuk RAM sama dengan atau di atas 512 MB, sepertinya laggy jarang ditemui, kecuali jika memang HP Android bekerja ekstra keras dengan aplikasi (terutama games) yang bejibun jumlahnya.

Nah, jika Anda memiliki ponsel Android dengan RAM minim atau sering disebut low-end, sebaiknya ikuti tips sederhana berikut untuk menghindari lag di Android Anda seperti yang Blog AndroidIndo.net kutip dari AndroidBaru.info sebagai berikut:

#1 Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai
Meskipun jarang dipakai dan tidak berjalan di background, aplikasi yang jarang digunakan tetap akan menghasilkan cache memory. Semakin banyak, maka semakin menumpuk dan bisa menjadi ‘sampah’ di dalam sistem Android. Jadi, hapus saja aplikasi yang memang jarang dibuka.

#2 Kurangi Aplikasi Berbasis Pesan Instan
Aplikasi messaging seperti Facebook, Twitter, BBM, LINE dan sejenisnya selalu berjalan di proses latar belakang. Hal ini terjadi karena aplikasi jenis ini harus selalu terhubung ke internet agar dapat memperbarui data dan menyampaikan pembaruan itu melalui pop-up notifikasi di bar pemberitahuan Android. Jadi, pilihlah aplikasi pesan instan yang memang benar-benar Anda harus pakai, dan tinggalkan aplikasi sejenis lain, lalu beritahu teman Anda untuk ikut pindah ke aplikasi messenger pilihan Anda.

#3 Pilih Launcher Theme yang Ringan
Meskipun Android sudah memiliki home launcher bawaan, kadang pengguna mau yang lebih menurutnya. Jika memang Anda ingin menggunakan launcher dari pihak lain, sebaiknya pilihlah aplikasi launcher atau tema Android yang ringan dan tidak memakan RAM terlalu besar.

Lihat: Aplikasi Launcher Android Terbaik dan Ringan

#4 Menggunakan Aplikasi Task Manager
Mungkin ini juga bisa membantu melegakan RAM Android Anda yang sudah terlanjur sesak. Instal aplikasi task killer, seperti Clean Master atau Advanced Task Killer, untuk mematikan proses secara otomatis saat Android tidak dipakai. Umumnya aplikasi task killer seperti ini memiliki fitur tersebut. Tapi Anda juga harus teliti memilih aplikasi sejenis ini.

Lihat: Aplikasi Task Killer Terbaik untuk Android Anda

Itu tadi tips dan trik cara mudah agar Android tidak lag dan lemot, yang bisa Anda praktekkan tanpa akses root. Semoga bermanfaat.

Ad
Halaman Trik Jitu Cara Mengatasi Lag di Android Tanpa Root saat ini telah dibaca 962x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?