Cara Mudah Kirim Email dengan HP Android

Langkah Cara Mudah Kirim Email dengan HP Android Cepat Gratis AndroidIndo.net – Surat elektronik atau lebih akrab dikenal sebagai email (e-Mail) pada saat ini memang bisa dikatakan sebagai alat komunikasi wajib. Bagaimana tidak, bahkan untuk melamar pekerjaan pun hampir semuanya membutuhkan alamat email sebagai alat komunikasi antar pelamar dengan penyedia pekerjaan.

Semakin canggihnya telepon genggam, aktivitas berkirim surel pun menjadi lebih mudah. Smartphone Android salah satunya. Dengan ponsel Android, mengirim email menjadi lebih mudah dan cepat dibanding sebelumnya yang harus ke warnet hanya untuk mengirim sebuah email.

Nah, bagi Anda yang sudah menggenggam HP Android tapi belum paham cara mudah dan cepat mengirim email melalui Androidnya, silakan simak tutorial berikut:

Pastikan smartphone Android Anda sudah terpasang aplikasi GMail. Karena ini merupakan Google Apps (Gapps), saya rasa ada di semua tipe Android. Tapi jika belum, Anda juga bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui Play Store (Android Market).

Jalankan aplikasi Gmail, otomatis akan masuk dengan akun Google yang terhubung di perangkat Android Anda (atau Anda bisa sign-in jika belum).

Di halaman awal, pilih Tulis Baru atau ditandai dengan ikon pencil. Perhatikan gambar di bawah ini!

Cara Membuat/menulis Email Baru di Gmail Android

Penjelasan cara kirim email Gmail:
1. Alamat email Anda (pengirim)
2. Alamat email penerima
3. Subjek/judul email
4. Isi email
5. Tombol kirim email

Setelah menekan tombol kirim, email akan segera dikirim ke alamat email penerima dengan cepat sesuai kecepatan koneksi internet HP Android Anda.

Untuk mengecek apakah Anda berhasil mengirim email atau tidak, buka Surat Terkirim dengan cara menekan tombol menu (atau usap layar dari kiri ke kanan), lalu pilih Terkirim.

Cara Cek Status Email Terkirim atau Tidak di Gmail Android

Selain mengirim email seperti di atas, Anda juga bisa mengirim file lampiran melalui HP Android dan masih menggunakan email Gmail ini.

Cara Mengirim File Lampiran dengan Email melalui HP Android

Caranya, sebelum Anda menekan tombol Kirim, silakan tekan ikon lampiran (seperti yang ada dilingkaran kuning) untuk memilih file yang akan Anda kirim.

File lampiran ini bisa berformat gambar (jpg/jpeg, gif, png), office (word, excell, power point, pdf), kompresi (rar/zip) dan file lainnya. Semoga bermanfaat.

Halaman Cara Mudah Kirim Email dengan HP Android saat ini telah dibaca 1,327x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?