Membuat Tampilan Daftar Aplikasi Android One Transparan

Cara Mudah Membuat Tampilan Daftar Aplikasi Android One Transparan bukan Putih AndroidIndo.net – Tampilan daftar menu aplikasi (apps-drawer) Android One yang menggunakan Android 5.1 Lollipop umumnya berlatar belakang warna putih padat. Meski terkesan lembut dan enak dipandang, namun bagi sebagian pengguna justru terkesan flat dan biasa saja, dan jauh dari kesan material design yang diusung.

Namun sebelum ke pokok pembahasan, sebagai informasi, ponsel AndroidOne dari Google di Indonesia dikeluarkan oleh tiga vendor lokal, yaitu Nexian Journey One, Mito Impact A10 dan Evercoss One X. Jadi, tutorial ini dapat berjalan untuk ketiga merek HP Android One tersebut.

Satu lagi, apps-drawer atau yang saya sebutkan di judul artikel sebagai “Daftar Aplikasi” merupakan semua aplikasi atau games yang terinstal di HP, yang muncul saat pengguna menekan tombol ‘Menu’ dari layar awal (home screen).

Seperti yang diketahui dan yang sudah saya singgung di atas, standarnya warna app drawer AndroidOne ini adalah putih tanpa ada efek transparansi sama sekali. Oleh karena itu, jika Anda kurang suka dengan warna putih pekat itu dan ingin mengganti warna background app drawer di Android One kesayangan Anda, simak tutorial berikut untuk membuat tampilan apps drawer Android One menjadi transparan alias tembus pandang (atau berubah tidak putih, hitam misalnya).

Cara paling mudah dan tanpa root adalah memanfaatkan aplikasi launcher untuk AndroidOne (Nexian Journey One, Mito Impact A10, Evercoss One X). Namun yang menjadi permasalahan adalah banyaknya pilihan launcher theme yang kompatibel dengan Android One justru membuat pengguna bingung memilihnya.

Mengubah Background App Drawer Android One jadi tembus pandang di Nexian, Mito, Evercoss

Nah, jika Anda suka dengan tampilan seperti pada Nexian Journey 1 milik saya (gambar di atas), silakan simak langkahnya berikut ini untuk mengganti warna background app drawer Android One dari putih menjadi transparan tanpa root sama sekali.

Pertama silakan Anda unduh aplikasi Solo Launcher. Saya sudah mencoba beberapa aplikasi tema untuk AndroidOne milik saya, dan ternyata Solo Launcher paling pas untuk layar Android One (menurut saya).

Jalankan Solo Launcher, jangan centang pilihan ‘Gunakan Solo Wallpaper’. Ini bertujuan agar Anda bisa tetap menggunakan gambar wallpaper dari HP AndroidOne. Lalu, keluar dari Solo Launcher terlebih dahulu, masuk ke Setelan > Beranda > Solo Launcher. Bila perlu, matikan dan nyalakan ulang HP.

Sekarang tekan tombol Menu untuk membuka daftar aplikasi. Tekan tombol ‘Menu’ di pojok kanan atas yang ditandai dengan ikon titik tiga. Pilih Pengaturan Solo Launcher.

Launcher Android One Terbaik untuk Tampilan Transparent Lollipop

Layar Beranda
– Baris Beranda: 4
– Kolom Beranda: 4
– Gulir Terus: ya

Daftar Aplikasi
– Baris Daftar Aplikasi: 5
– Kolom Daftar Aplikasi: 4
– Gulir Terus: ya
– Transparansi Latar: 70% (atau sesuaikan sendiri)

Pemberitahuan
– Show Notification Toolbar: no
– Otomatis Tambahkan Pintasan: no

Muat Ulang!

Untuk mengganti wallpaper Anda bisa menuju Setelan > Tampilan > Wallpaper > pilih gambar sesuai keinginan Anda. Selain itu, Anda dapat membuka opsi lain dengan cara “tekan dan tahan” layar awal hingga muncul opsinya.

AndroidOne Theme Launcher Transparent Full No Root APK

Demikian trik mudah membuat warna latar belakang daftar aplikasi Android One menjadi transparan tanpa harus root hanya mengunakan launcher terbaik untuk AndroidOne. Cara ini saya ujicoba di Nexian Journey One dan saya yakin berjalan pada Mito dan Evercoss karena sistemnya sama saja.

Jika ada pertanyaan, saran atau alternatif lain, mari diskusikan melalui komentar. Dan, jika tips ini bermanfaat silakan sebarkan melalui media sosial.

Halaman Membuat Tampilan Daftar Aplikasi Android One Transparan saat ini telah dibaca 3,352x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?