Cara Mudah Menyetel (Stem/Tuning) Gitar Bagi Pemula

Cara Mudah Menyetel (Stem/Tuning) Gitar Bagi Pemula dengan bantuan HP Android AndroidIndo.net – Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling familiar. Umumnya mempunyai enam helai senar dengan ukuran yang berbeda. Saking familiarnya, gitar sudah biasa dimainkan oleh anak-anak hingga orang tua. Kegiatan awal dan utama dalam bermain gitar adalah menyetel senar gitar itu sendiri, agar suara yang dihasilkan dari setiap petikan senar gitar memiliki nada dasar yang pas. Kegiatan menyetel senar gitar ini sering disebut dengan istilah stem atau tuning.

Bagi gitaris yang handal, proses steming atau tuning senar gitar bukanlah perkara susah. Tetapi untuk para pemula, bisa jadi akan membuat pusing.

Meningkatnya pengguna smartphone, khususnya Android, ternyata membawa efek positif dan manfaat luar biasa. Salah satunya adalah untuk penyuka alat musik gitar. Di Android, ada beberapa aplikasi yang mampu membantu proses penyetelan senar gitar secara mudah, cepat dan akurat.

Salah satu aplikasi stem gitar di Android adalah Tuner – gStrings. Aplikasi buatan cohortor ini disediakan dalam dua versi, yakni versi Free dan versi Pro dengan harga kurang lebih Rp50.000. Bedanya, di versi gratisannya aplikasi akan menampilkan iklan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Android

Tidak masalah, Anda bisa menggunakan aplikasi Tuner – gStrings FREE untuk membantu menyetem senar gitar kesayangan Anda. Pertama, silakan Anda download aplikasi Tuner-gStrings FREE melalui Play Store di HP Android Anda sendiri.

Setelah terpasang, jalankan aplikasinya. Lakukan stem gitar Anda seperti umumnya, yaitu dengan memetik senar gitar nomor satu (paling bawah) dan dengarkan dengan feeling Anda.

Aplikasi Android Terbaik untuk Stem Gitar
Aplikasi Stem Gitar di Android (Tuner – gStrings – Google Play)

Nah, tugas aplikasi Tuner gStrings ini adalah membantu feeling Anda. Dekatkan HP Android Anda ke gitar. Petik senar, maka aplikasi akan menampilkan nada dasar suara yang dihasilkan dari petikan gitar.

Selaraskan masing-masing suara senar gitar dengan perpedoman pada data yang ditampilkan oleh aplikasi Tuner gStrings di Android Anda. Dengan bantuan aplikasi keren ini, feeling Anda akan terbantu, dan akurasinya saya rasa akan lebih tinggi.

Sebagai informasi, tingkat akurasi nada yang dihasilkan akan berpengaruh pada kualitas microphone Android Anda. Semakin tinggi kualitas merekam microphone, maka akan semakin tinggi pula akurasi yang dihasilkan Tuner-gStrings ini. Selamat mencoba ya.

Halaman Cara Mudah Menyetel (Stem/Tuning) Gitar Bagi Pemula saat ini telah dibaca 1,066x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?