Cara Membuat Softkey Android Tanpa Root: Solusi Tombol Rusak

Cara Membuat Softkey Android Tanpa Root: Solusi Tombol Rusak AndroidIndo.net – Smartphone Android didesain berbeda-beda antar merek, bahkan satu merk pun memiliki tampilan tombol yang berbeda. Tombol yang saya maksud di sini adalah tombol-tombol seperti Kembali (Back), Beranda (Home Screen) dan Aplikasi Terkini (Recent Apps), biasanya ditambah dengan tombol Menu dan Pengaturan (jika ada; pada perangkat LG biasanya).

Tombol tersebut di atas sering disebut dengan Navbar (Navigation Bar). Jika tombol berada di body ponsel, saya akan menyebut dengan istilah “HardKey“. Sebaliknya, jika tombol berada di layar (hanya tampil jika ponsel hidup), maka disebut “SoftKey“.

Tombol yang menyatu dengan badan HP Android ada kalanya mengalami kerusakan alias tidak berfungsi, kebanyakan kasus adalah tombol Back Android tidak berfungsi. Nah, dengan adanya tombol Soft Key yang berada di layar, pastinya bisa mengatasi tombol Kembali yang rusak bukan?

Nah, berikut cara mudah menambah tombol Soft Key ke semua HP Android tanpa root, yang bertujuan untuk mengatasi tombol HardKey yang rusak, atau hanya ingin sekedar mengganti tampilan Android agar lebih mirip Lollipop.

Pertama silakan unduh aplikasi bernama Simple Control dari Play Store, gratis. Jalankan aplikasinya, lalu ikuti pengaturan yang diharuskan, yakni buka Setelan > Aksesibilitas > Simple Control [Hidup]. Silakan sesuaikan jika menggunakan Bahasa Inggris.

Cara Mengaktifkan Navbar Soft Key Android Tanpa Root APK

Setelah itu, buka kembali aplikasi Simple Control. Sekarang pilih model navigasi bar Android yang diinginkan. Anda bisa memilih menempel secara horizontal maupun vertikal. Selamat mencoba.

Halaman Cara Membuat Softkey Android Tanpa Root: Solusi Tombol Rusak saat ini telah dibaca 4,013x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?