Ubah Ukuran Layar Android Genymotion Tablet ke Smartphone (Sebaliknya)

Ubah Ukuran Layar Android Genymotion Tablet ke Smartphone (Sebaliknya) AndroidIndo.netAndroid Virtual Device (AVD) pada emulator Genymotion secara default memberikan tampilan layar (resolusi) sebesar tipe smartphone yang Anda pilih saat akan di-download. Misalnya saja pada perangkat virtual ponsel Google Nexus 10 4.4.2 API 19 2560×1600 dengan OS Android KitKat, yang artinya bahwa ukuran layar selebar 2560 piksel dengan tinggi 1600 piksel. Itu berarti tampilannya menjadi sebuah tablet.

Nah, pada tutorial kali ini saya akan memberikan cara untuk mengganti ukuran layar Android pada Genymotion, seperti contoh kasus di atas yaitu dari ukuran tablet menjadi ukuran smartphone (HP/ponsel genggam).

Untuk lebih memahami maksud artikel ini, silakan perhatikan gambar di bawah ini sebagai pembeda:

Tampilan HP pada Android Genymotion PC Windows
Ukuran Smartphone
Tampilan Tablet pada Android Genymotion PC Windows
Ukuran Tablet

Langsung saja ke caranya, silakan Anda buka Genymotion di PC komputer. Kemudian klik pengaturan (ikon kunci) pada nama AVD-nya, seperti pada gambar di bawah:

Cara mengganti ukuran layar Genymotion dari besar ke kecil
Pada jendela baru yang muncul, aturlah opsi ‘Resolution – density‘ dengan memilih opsi ‘Custom screen size‘. Sebagai contoh untuk tampilan sebagai handphone adalah 480 x 800. Pada pilihan ‘dpi‘, semakin kecil angka maka semakin buruk tampilannya namun akan semakin ringan emulator Android-nya, begitupun sebaliknya.

Atur DPI Genymotion agar ringan, loading cepat

Pada gambar di atas saya memilih DPI rendah agar emulator terasa ringan dan loading-nya cepat, karena memang saya tidak begitu memerlukan tampilan yang bagus selama teks di emulator Android masih bisa dibaca mata.

Untuk menyimpannya klik tombol OK. Selanjutnya untuk menjalankan Android-nya, klik tombol ‘Play’ pada halaman depan Genymotion. Cara di atas bisa merubah ukuran layar dari besar ke kecil (tablet-ponsel), dan sebaliknya dari kecil ke besar (ponsel-tablet) sesuai keinginan Anda. Semoga bermanfaat.

Halaman Ubah Ukuran Layar Android Genymotion Tablet ke Smartphone (Sebaliknya) saat ini telah dibaca 1,235x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?