Cara Membuat Wifi/Hotspot Area dengan HP Android

Cara Membuat Wifi/Hotspot Area dengan HP Android AndroidIndo.net – Hebat benar perangkat Android. Selain digunakan sebagai alat komunikasi sederhana seperti telepon dan SMS, komunikasi modern seperti video call dan chatting, ternyata hampir semua perangkat Android memiliki fitur untuk dijadikan sebagai wifi router, dimana sebuah ponsel Android bisa digunakan untuk membuat area hotspot di sekitar rumah Anda.

Jika Anda belum tahu apa itu wifi hotspot, sebagai contoh mudah adalah tempat dimana Anda dapat menikmati internet gratis menggunakan sinyal wifi baik itu smartphone ataupun biasanya laptop, misalnya di area alun-alun, kantor atau di tempat makan (cafe/restauran).

Nah, apabila Anda juga ingin menikmati akses internet gratis untuk laptop atau komputer di rumah Anda, tidak ada salahnya Anda berbagi koneksi internet HP Android dengan mengaktifkan fitur Hotspot Wi-Fi Portabel.

Caranya pun mudah. Pertama pastikan HP Android Anda terhubung dengan data internet dengan kecepatan cukup tinggi seperti 3G (HSDPA/WCDMA) agar koneksi internet stabil nantinya saat di-share. Kemudian, buka menu ‘Pengaturan’ atau ‘Setelan’ tergantung gadget Anda.

Membuat hotspot area gratis dengan Android

Pilih menu ‘Lainnya’ atau ‘Nirkabel’ atau ‘Jaringan’ (sesuaikan dengan nama menu di Android Anda ya). Tekan menu ‘Hotspot Wi-Fi Portabel’.

cara menjadikan HP Android sebagai mesin router

Tekan ‘Atur Hotspot Wi-Fi’ untuk masuk ke kolom pengaturan alat router Androidnya. Agar lebih jelas perhatikan pengertian dan contoh berikut:

  1. Jaringan SSID adalah nama hotspot area Anda, misalnya ‘Rumahku’, ‘Cafe Enak’, ‘Alun-alun Kebumen’, dll. Sebagai contoh saya isi ‘android-anyar’.
  2. Pengamanan adalah sistem yang digunakan untuk memberi keamanan akses terhadap jaringan hotspot area Anda, misalnya apakah mau dikasih password atau tidak saat ada pengguna wifi yang ingin konek. Di sini saya pilih WPA2 PSK, pilih ‘Buka’ jika ingin tanpa password.
  3. Kata Sandi adalah password yang digunakan untuk menyambungkan wifi pengguna ke hotspot area Anda. Jika Anda tidak ingin kehilangan banyak kuota karena hotspot area Anda digunakan tetangga, aturlah kata sandi ini dan rahasiakan. Karena biasanya area hotspot dapat dijangkau hingga diameter 300 meter dari letak ponsel Android Anda (tanpa terhalang tembok).
  4. Tekan ‘Simpan‘ untuk menyimpan pengaturan.

membuat wifi hotspor area di rumah sendiri

Sekarang beri tanda centang pada ‘Hotspot Wi-Fi portabel’ untuk mengaktifkan hotspot area. Untuk uji coba, Anda bisa menggunakan laptop Anda atau HP lain yang memiliki fitur konektivitas wifi.

Demikian tutorial cara menjadikan HP Android sebagai mesin router untuk membuat wifi hotspor area di rumah sendiri. Semoga bermanfaat.

Halaman Cara Membuat Wifi/Hotspot Area dengan HP Android saat ini telah dibaca 1,074x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?