Cara Masuk Recovery Mode Android One dan Instal Update

Cara Masuk Recovery Mode Android One dan Instal Update dari Kartu SD AndroidIndo.net – Android One Indonesia yang ‘dimereki’ oleh tiga vendor lokal ternama, Evercoss One X, Mito Impact dan Nexian Journey 1 kini memiliki komunitas pengguna yang besar. Bagaimana tidak, hampir dari semua penjuru tanah air melakukan pre-order (dan order) secara online. Terlebih lagi sekarang smartphone AndroidOne dari Google telah dijual secara offline di toko-toko HP Indonesia.

Keluar dari banyaknya pengguna, beberapa pengguna Android One kadang perlu mengaktifkan mode pemulihan (recovery mode) di ponsel Android One miliknya. Tujuannya adalah untuk memulihkan kembali setelan terbaik (factory reset) seperti dari pabrik, atau untuk melakukan pemasangan pembaruan (install update) secara offline dari memori eksternal (SD card).

Dikutip dari situs resmi Bantuan Google, inilah cara masuk recovery mode di Android One (Mito, Evercoss, Nexian, dan vendor lainnya):

  1. Jika ponsel menyala, silakan matikan terlebih dahulu.
  2. Tekan dan tahan tombol Keraskan volume (Vol UP/+) dan tombol Daya (Power/Lock) secara bersamaan sampai ponsel aktif.
  3. Tekan tombol Kecilkan volume (Vol Down/-) untuk memilih “Recovery mode.”
    • Jika Anda perlu menavigasi ke opsi “Recovery mode“, gunakan tombol Keraskan volume untuk memindahkan tanda panah dan tombol Kecilkan volume untuk memilihnya.

Memasang pembaruan dari kartu SD menggunakan Recovery Mode di Android One:

Untuk menggunakan recovery mode guna memasang pembaruan di perangkat dari kartu SD, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Di komputer, unduh file pembaruan dan simpan di kartu SD.
  2. Jika ponsel menyala, silakan matikan dulu.
  3. Masukkan kartu SD berisi file pembaruan ke slot kartu SD mikro di ponsel Android One.
  4. Masuk mode pemulihan menggunakan langkah-langkah di atas.
  5. Setelah beberapa detik, layar akan bertuliskan, “No command.”
  6. Sambil menekan tombol Daya, tekan tombol Keraskan volume .
  7. Pada menu yang muncul di layar, tekan tombol Kecilkan volume untuk menyorot “apply update from SD card” dan tekan tombol Daya untuk memilihnya.
  8. Pada menu yang muncul di layar, tekan tombol Kecilkan volume untuk menyorot file pembaruan yang disimpan di kartu SD.
  9. Tekan tombol Daya untuk memilihnya dan mulai menerapkan pembaruan.
  10. Setelah pembaruan berhasil dipasang di ponsel, gunakan tombol volume di ponsel untuk menyorot “reboot system now” dan tekan tombol Daya untuk memilihnya.

Demikian cara masuk recovery mode Android One dan instal update dari SD card dengan mudah dan cepat. Biasanya cara ini juga disebut sebagai cara flash Android One. Semoga bermanfaat.

Halaman Cara Masuk Recovery Mode Android One dan Instal Update saat ini telah dibaca 3,151x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?