Cara Mengubah Keyboard QWERTY Menjadi ABC 3×4 di Android

AndroidIndo.net – Pada umumnya smartphone Android dilengkapi dengan aplikasi papan ketik atau keyboard berbentuk qwerty. Hal ini tujuannya adalah untuk memberi kemudahan dan kecepatan mengetik bagi penggunanya.

Akan tetapi, khususnya untuk HP Android berlayar kecil atau sedang, menggunakan fitur qwerty pada tombol ketik sepertinya justru kurang efisien dan repot, apalagi jika memiliki ukuran jempol lumayan besar, bisa jadi selalu mengalami salah ketik huruf (typo).

Download Aplikasi Keyboard Android Model ABC 3x4 APK

Dengan demikian, banyak pengguna Android baru yang segera ingin merubah tampilan keyboard Android dari tombol qwerty seperti komputer menjadi tombol urutan ABC-DEF seperti pada ponsel lama (sistem konvensional), atau dikenal juga dengan istilah keyboard 3×4 (tiga tombol mendatar; 4 tombol menurun).

Sebenarnya pada beberapa merek ponsel Android sudah memberikan setelan/pengaturan papan tombol ketik agar tidak qwerty yang bisa dicek melalui:

  1. Setelan atau Pengaturan
  2. Bahasa dan Masukan
  3. Papan ketik atau Keyboard
  4. Setelan keyboard Android (biasanya berbentuk ikon gear/roda gigi)
  5. Atur dan pilih model keyboard menjadi Papan Ponsel atau Keyboard Telpon.

Namun, beberapa vendor memang hanya memberikan fitur tampilan qwerty saja pada HP Androidnya. Untuk itu, Anda tidak bisa mengubahnya menjadi tombol ABC-DEF hanya dengan melalui menu Pengaturan seperti di atas.

Anda harus mengganti keyboard qwerty dengan aplikasi keyboard Android yang mendukung fitur papan tombol ketik sederhana (ABC). Oleh karena itu, jalan satu-satunya untuk merubah keyboard qwerty menjadi mode ABC adalah dengan ganti aplikasi keyboard Android. Berikut beberapa aplikasi papan ketik Android yang bisa disetel menjadi tampilan tombol ABC:

  • GO Keyboard
  • MultiLing Keyboard
  • Perfect Keyboard

Ketiga app keyboard di atas gratis, Anda bisa memasangnya melalui Play Store dengan mencari dengan namanya. Saya pribadi memakai MultiLing keyboard untuk smartphone Asus ZenFone 4 milik istri. Semoga bermanfaat.

Halaman Cara Mengubah Keyboard QWERTY Menjadi ABC 3×4 di Android saat ini telah dibaca 3,513x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?