Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di PC Komputer Laptop

AndroidIndo.net – Tutorial Android Indonesia kali ini akan membahas cara mengatasi Android tidak terbaca di PC komputer laptop yang kerap dialami para pengguna perangkat sistem operasi Android, baik itu HP smartphone maupun tablet Android.

Umumnya saat Anda mencolokkan kabel USB (kabel pada pengisian baterai) diantara lubang mini USB device Android dengan USB komputer akan ada pemberitahuan yang muncul di notification bar layar Android.

Tutorial Cara Menghubungkan Android ke Komputer Tanpa Root

Untuk menyambungkan antara Android dengan komputer, Anda hanya cukup tap pada pemberitahuan di layar Android tersebut. Setelah itu, jika itu pertama kalinya Anda menghubungkan perangkat Android ke PC komputer, biasanya akan terjadi pemasangan driver di komputer secara otomatis.

Selanjutnya, pada window file explorer di PC akan muncul nama dari perangkat Android yang Anda sambungkan dengan status koneksi (connected) dan pengisian baterai pun berjalan. Hingga tahap ini, Anda sudah bisa mengakses file di dalam memori penyimpanan Android melalui komputer.

Baca juga: Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Mengirim/Menerima Pesan SMS

Akan tetapi, terkadang proses koneksi antara Android dengan komputer tidak terjadi secara otomatis dan pengguna terlanjur pusing mengira Android kesayangannya tidak bisa terhubung dan terbaca di PC komputer.

Jika Anda mengalami perangkat Android Anda tidak bisa terhubung ke komputer, mungkin Anda bisa mengikuti tips di bawah ini untuk mengatasi perangkat Android yang tidak terbaca di komputer, sebagai berikut:

  1. Coba ganti lubang USB komputer yang dipakai.
  2. Gunakan kabel data yang lain (jika ada). Sering terjadi pengguna yang tidak menggunakan kabel data original.
  3. Lakukan pengaturan secara manual, seperti ini caranya:
    • Buka Setelan di Android Anda.
    • Pilih menu Penyimpanan
    • Pilih submenu ‘Koneksi komputer USB‘ atau biasanya ditandai dengan ikon USB saja, terletak di bagian kanan-atas layar Android Anda.
    • Beri tanda centang (ceklis) pada ‘Perangkat Media (MTP)‘: Memungkinkan Anda mentransfer file media di Windows, atau menggunakan Transfer File Android di Mac (Info: www.android.com/filetransfer).
    • Saya rasa kini sudah muncul notifikasi sambungan perangkat, baik di Android maupun di komputer yang Anda pakai.

Dengan mengikuti tutorial di atas, sekarang perangkat Android sudah tersambung ke PC komputer ataupun laptop Anda, dan sudah bisa melakukan transfer file (berbagi data) antar keduanya. Semoga bermanfaat.

Halaman Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di PC Komputer Laptop saat ini telah dibaca 1,866x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?