Cara Membuat Fokus pada Foto di Android

Edit foto agar fokus pada wajah AndroidIndo.net – Sesuai janji saya pada artikel sebelumnya bahwa saya akan memberikan tutorial cara menggunakan aplikasi AfterFocus, yakni sebuah aplikasi yang bisa membuat gambar atau foto menjadi fokus di suatu obyek, misalnya wajah/muka. Silakan lihat contoh hasilnya yang terlihat di gambar di awal artikel ini. Sebelum di-edit dengan After Focus, foto saya terlihat fokus di semua area. Sedangkan setelah diolah dengan AfterFocus, foto saya hanya fokus pada diri saya dan background menjadi terlihat kabur (blur).

Ingin tahu cara membuat fokus pada gambar seperti foto saya di atas? Simak langkahnya!

Pertama tentu saja Anda download AfterFocus dan pasang di HP Android Anda. Buka aplikasinya, lalu pilih tombol ‘SELECT From Album‘ dan pilih foto dari Galeri.

Focus Photo

Selanjutnya pilih metode fokus yang akan Anda gunakan, saat ini saya memakai cara otomatis dengan memilih opsi ‘Smart‘ diikuti menekan tombol ‘Continue‘.

Cara Menambah Efek Fokus pada Foto di Android

Kemudian pilih menu ‘Focus‘, lakukan seleksi ke foto bagian mana yang akan diberi efek fokus. Sebagai contoh saya seleksi pada badan saya di foto di bawah ini. Seleksi fokus ditandai dengan warna putih (panah kuning).

Memotret Foto Menjadi Fokus dengan Android

Sekarang pilih menu ‘BG‘ untuk membuat latar belakang foto menjadi tidak fokus. Sentuh di sekitar foto yang akan diburamkan. Ditandai dengan warna hitam (panah kuning). Sampai tahap ini terlihat kalau warna merah hanya mewarnai badan saya. Itulah yang nantinya akan menjadi fokus.

Cara Ubah Foto Jadi Fokus

Setelah dirasa cukup, tekan tombol ‘Next‘ (ikon play di pojok kanan atas) untuk melanjutkan edit foto. Nah, kini Anda bisa menambah efek fokus lain untuk foto, misalnya saya tambahkan tingkat buram pada background, maka saya pilih menu ‘Blur‘.

Cara Blur Background Gambar

Anda juga bisa memberi efek vignetting untuk membuat efek gelap di pojok foto. Untuk melakukannya, pilih menu ‘Filter‘.

Edit Foto Menjadi Fokus Objek

Terakhir, untuk menyimpan foto fokus Anda, tekan tombol ‘Simpan‘ di bagian atas (ikon disket), lihat gambar!

Cara Foto Fokus di Android

Silakan zoom foto-foto di atas untuk melihat perubahan secara jelas. Demikian tutorial cara membuat efek fokus pada foto di Android menggunakan aplikasi AfterFocus Free. Semoga membantu.

Halaman Cara Membuat Fokus pada Foto di Android saat ini telah dibaca 4,294x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?