Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim & Terima SMS

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim & Terima SMS AndroidIndo.net – HP Android yang lebih dikenal dengan sebutan smartphone alias ponsel pintar tetap saja tidak lepas dari fungsi sederhananya, yakni mengirim pesan dan menerima pesan.

Pesan singkat atau SMS (Short Message Service) masih saja menjadi fitur unggulan dan tercepat untuk berkomunikasi secara singkat dan tergolong murah.

Baca juga: 3 Aplikasi SMS Android Gratis Terbarik

Berbicara tentang SMS, ada kalanya pengguna HP Android mengalami masalah tidak bisa kirim dan terima pesan singkat. Padahal, pulsa masih ada dan masa aktif kartu seluler masih berlaku.

Selain itu, orang biasanya langsung menuju ke pengaturan nomor pusat pesan (SMS center) yang bisa dilihat melalui menu Setelan pada masing-masing aplikasi perpesanan di Android. Berikut ini daftar beberapa nomor pusat pesan/SMS untuk semua operator seluler Indonesia yang saya anggap paling banyak dipakai:

  • Pusat pesan SIMPATI dan AS: +6281100000
  • Pusat pesan PRO XL: +62818445009
  • Pusat pesan MENTARI: +62816124
  • Pusat pesan IM3: +62855000000
  • Pusat pesan 3: +6289644000001
  • Pusat pesan AXIS: +628315000032

Nah, Anda bisa mencocokkan setelan pusat pesan pada pengaturan SMS di HP Android Anda seperti di atas. Jika memang ada yang tidak sesuai, itulah penyebab HP Android tidak bisa mengirim SMS (atau menerima sekalipun).

Kemudian, jika ternyata nomer pusan pesan sudah sesuai tetapi masih tidak bisa kirim atau terima pesan SMS, sebaiknya coba Anda cek jumlah rangkaian SMS yang ada di dalam HP Android Anda.

Sebagai informasi saja, banyaknya untaian pesan (conversation) SMS di HP Android sangat berpengaruh terhadap memori yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan.

Baca juga: Cara Kirim SMS Rahasia di Android

Gagalnya proses kirim dan terima pesan SMS pada Android sering terjadi karena kotak masuk (inbox) dan kotak keluar (outbox) penuh yang tidak disadari oleh pengguna. Jadi, hapuslah semua pesan SMS yang ada di HP Android Anda, atau pilihlah SMS penting yang memang perlu untuk tidak dihapus saat ini.

Demikianlah sedikit tips dan trik cara mengatasi HP Android tidak bisa kirim dan terima SMS. Semoga dengan membaca artikel ini, masalah tidak bisa mengirim SMS yang Anda alami bisa terpecahkan. Selamat mencoba!

Halaman Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim & Terima SMS saat ini telah dibaca 4,387x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?