Cara Mudah Hapus Total dan Bersihkan Cache Aplikasi Android

AndroidIndo.net – Cache pada Android adalah kumpulan data sementara (temporary files) yang ditinggalkan oleh aplikasi atau game/permainan sesaat setelah dijalankan. Tujuan dari dibuatnya cache memory adalah untuk mempercepat loading aplikasi, yakni dengan mengambil kembali data cache yang tersimpan di memori Android.

Cara Mudah Hapus Total dan Bersihkan Cache Aplikasi Android

Akan tetapi, semakin banyak file cache yang ditinggalkan oleh aplikasi justru akan menjadi tumpukan sampah di smartphone Android Anda.

Artikel sebelumnya: Cara Memperbaiki Bluetooth Tidak Bisa Dipakai antar Android

Lalu, bagaimana cara mudah menghapus atau membersihkan data cache di Android secara total?

Ini dia 2 cara ampuh membersihkan cache di Android sampai benar-benar bersih:

1. Hapus Cache per Aplikasi

Untuk menghapus sampah pada setiap aplikasi di Android, silakan buka Settings > Apps. Cari dan pilih aplikasi mana yang akan dihapus cache-nya.

Clear Cache Android app

Selanjutnya, silakan tekan tombol “Clear Cache” untuk membersihkan file sampah yang ada. Pastikan jangan menekan tombol ‘Clear Data’!

2. Hapus Semua Cache di Android

Jika Anda ingin membersihkan total semua cache pada semua aplikasi dan games yang terinstal di HP Android Anda secara langsung dengan cepat, silakan gunakan aplikasi Clean Master sebagai aplikasi pembersih cache terbaik.

Cara ampuh menghapus semua cache android sampai benar-benar bersih total

Buka Play Store Anda dan cari aplikasi bernama “Clean Master”. Pasang Clean Master ke HP Anda, lalu langsung saja tekan tombol-tombol yang disediakan.

Halaman Cara Mudah Hapus Total dan Bersihkan Cache Aplikasi Android saat ini telah dibaca 1,209x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?