Cara Meningkatkan Kecepatan Class Memori Kartu SD Android

Trik Mudah Cara Meningkatkan Kecepatan Class Memori Kartu SD Android Tanpa Root AndroidIndo.net – Entah ada hubungannya atau tidak, kecepatan akses memori kartu eksternal (SD card) kerap dibahas bersamaan dengan performa Android itu sendiri. Kecepatan akses SD card yang dimaksud di sini adalah kemampuan transfer data, seperti kecepatan mengirim data dan kecepatan menerima data.

– Baca juga: Cara SWAP Memori Android Tanpa Root

Setelah ditelusuri berdasarkan pengalaman pribadi admin Blog AndroidIndo.net, sepertinya memang ada beberapa hal yang sangat berkaitan antara performa Android dengan kecepatan kartu SD.

Salah satu yang paling mengena adalah saat pengguna Android membuka koleksi foto dan video di galeri Android, yang mana semua file disimpan di dalam memori kartu SD. Semakin lemot kecepatan akses SD card, maka semakin lemot dan lag pula kinerja Android-nya.

Ditambah lagi saat pengguna Android menggunakan gambar wallpaper yang tersimpan di SD card berkecepatan rendah. Maka saat membuka lock screen menuju home saja akan terasa berat dan lambat.

Terlebih jika pengguna Android sudah me-root Android-nya dan memindahkan aplikasi/game ke memori eksternal. Bisa jadi malah terjadi force close jika kecepatan SD card-nya rendah.

Lalu… Bagaimana cara meningkatkan kecepatan memori kartu SD Android?

Semua kartu memori dibedakan kecepatannya berdasarkan class masing-masing. Untuk SD card, pada umumnya memiliki class 4, 6, 8 dan 10. Semakin besar class-nya, maka semakin cepat kemampuan transfer datanya.

Cara Mengetahui Class Memori SD Card

Salah satu cara termudah adalah melihat langsung di stiker yang tertempel di kartu memori. Biasanya ada angka di dalam lingkaran kecil.

Cara Cek Mengetahui Class Micro SD

Jika tidak ada, cobalah untuk menggunakan aplikasi Android dengan nama SD Tools. Pasang, dan jalankan aplikasinya. Tunggu sebentar selama SD Tools memeriksa keberadaan kartu memori di HP Android Anda. Tekan tombol Start Speed Test. Akan muncul info tentang kartu SD yang terpasang.

Cara Meningkatkan Kecepatan Memori SD Card

Cara Manual Tanpa Root:

Cara manual yang bisa dilakukan adalah dengan format ulang kartu memori eksternal Anda. Caranya, tentu saja sebelum memormat Anda wajib cadangkan (backup) data yang ada di dalam kartu SD, misalnya ke komputer.

Setelah itu, pasangkan SD card Anda ke ponsel Android yang Anda pakai. Buka menu Setelan atau Pengaturan. Cari submenu Penyimpanan dan pastikan kartu memori sudah terdeteksi. Tekan Hapus Kartu SD untuk melakukan format ulang sesuai ‘keinginan’ ponsel Android Anda.

Cara Otomatis [Root]

Cara lainnya adalah menggunakan aplikasi Android gratisan yang bernama SD Booster. Sayangnya, aplikasi ini membutuhkan akses root. Baca Cara Root Semua Android.

Cara Meningkatkan Kecepatan Class Memori Kartu SD Android

Download dan instal aplikasi SD Booster dari Play Store. Jalankan aplikasinya, atur cache maksimal 256 MB, centang semua kolom. Jika perlu, restart Android Anda.

Nah, demikian cara mudah mengetahui class SD card dan cara menambah kecepatan kartu memori SD card di Android, baik tanpa root maupun dengan akses root.

Halaman Cara Meningkatkan Kecepatan Class Memori Kartu SD Android saat ini telah dibaca 9,274x. Sudahkah kamu membagikannya ke sosial media?